Makalah; Fungsi Dan Peran Lembaga Pendidikan

FUNGSI DAN PERAN LEMBAGA
PENDIDIKAN


Disusun untuk Pemenuhan Tugas Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Semester II Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Darud 
Da’wah Wal Irsyad ( STAI DDI ) Mangkoso.


Oleh :
KELOMPOK 2
JUSMIAH
SARMILA USMAN
SRI MAGFIRAH NUR
NURUL HIKMAH

Dosen Pembimbing :
Zainuddin, MA.

FAKULTAS TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DARUD DA’WAH WAL IRSYAD
( STAI DDI ) MANGKOSO, KABUPATEN BARRU
2019
KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
Puji dan syukur kepada Allah SWT. Yang telah memberi karunia  yang berupa nikmat kesempatan, dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan”. Shalawat dan salam tercurahkan penuh kepada Rasulullah Saw.
Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zainuddin, MA. yang telah memberi tugas dan bimbingan kami dalam mata kuliah Ilmu Pendidikan, segenap rekan-rekan yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, kami semua dapat menyusun, menyesuaikan, serta dapat menyelesaikan makalah ini.
Kami sangat menyadari bahwa makalah kami ini memang masih banyak kekurangan serta amat  jauh dari kata kesempurnaan. Namun, kami telah berusaha semaksimal mungkin membuat makalah ini. Di samping itu, kami sangat  mengharapkan kritik serta saran dari semua teman-teman demi tercapainya kesempurnaan yang diharapkan dimasa akan datang.

Mangkoso, 22 Maret 2019


Penyusun

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang 1
B.Rumusan Masalah 2
C.Tujuan Penulisan 2
BAB II PEMBAHASAN
A.Fungsi Lembaga Pendidikan 3
B.Peran Lembaga Pendidikan 5
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan 8
B.Saran 8
DAFTAR PUSTAKA 10

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Usaha-usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma tersebut serta mewariskannya kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam hidup dan kehidupan yang terjadi dalam suatu proses pendidikan. Sehingga, pendidikan memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Pendidikan berfungsi untuk memberikan arah terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia dan lingkungannya. Pertumbuhan dan perkembangan dan perubahan tersebut harus terorganisasi dan diarahkan sedemikian rupa menuju kepada tujuan akhir pendidikan sebagaimana yang telah ditetapkan. Untuk itu srana pendidikan atau lembaga-lembaga pendidikan merupakan penyalur pendidikan itu sendiri.

Adanya aktivitas dan lembaga-lebaga pendidikan merupakan jawaban atas problema dari perkembangan manusia itu sendiri. Pendidikan yang akan membentuk dan membina bentuk-bentuk dengan tingkah laku tertentu dalam keadaan tertentu, maka lembaga-lembaga pendidikan menghendaki perlakuan tertentu pula. Peranan lembaga-lembaga pendidikan itu berbeda-beda, tergantung pada lingkungan mana lembaga itu berdiri, keluarga, sekolah maupun masyarakat yang saling berhubungan satu sama lain.

B.Rumusan Masalah
  1.Bagaimana fungsi lembaga pendidikan ?
  2.Bagaimana peran lembaga pendidkan ?

C.Tujuan Penulisan
  1.Untuk mengetahui fungsi lembaga pendidikan.
  2.Untuk mengetahui peran lembaga pendidkan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.Fungsi Lembaga Pendidikan

Keberadaan lembaga pendidikan memiliki fungsi yang sangat berarti bagi masyarakat di suatu negara. Selain mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung, lembaga ini juga mengajarkan peserta didik tentang kemandirian, kemampuan berprestasi, pengembangan kepribadian, dan spesisifikasi.
Berikut ini adalah beberapa fungsi lembaga pendidikan :

  1.Fungsi Sosialisasi

Keberadaan lembaga pendidikan berperan besar dalam proses sosialisasi peserta didik dengan lingkungan masyarakat. Fungsi sosialisasi ini dilaksanakan melalui berbagai program dan kurikulum pendidikan di sekolah sehingga transmisi nilai-nilai budaya dapat selaras dengan pendidikan lainnya.

  2.Fungsi Pengendalian Sosial

Lembaga ini juga berperan dalam hal kontrol sosial dengan cara mananamkan nilai-nilai, norma, dan loyualitas tatanan tradisional kepada para peserta didik. Dengan adanya fungsi kontrol sosial ini maka diharapkan para peserta didik memiliki karakter yang berkualitas sehingga tatanan masyarakat yang harmonis dapat terwujud.

  3.Melestarikan Budaya

Kelestarian budaya masyarakat Indonesia yang sangat beragam tentunya harus dilestarikan. Dalam hak ini, lembaga pendidikan punya fungsi penting yaitu mengajarkan keanekaragaman budaya nasional tersebut kepada para peserta didik.

  4.Seleksi, Pelatihan, dan Pengembangan Manusia

Lembaga pendidikan juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam proses seleksi, pelatihan, dan mengembangan individu yang berkualitas bagi dunia kerja dan dunia bisnis.
Salah satu contonya adalah pada saat proses masuk perguruan tinggi yang mengharuskan peserta didik mengikuti ujian. Peserta didik yang lulus seleksi ujian kemudian akan menerima pendidikan, dilatih dan digembleng agar menjadi individu yang berkualitas.

  5.Perubahan Sosial

Dengan adanya lembaga pendidikan dan segala kegiatannya, maka hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan sosial secara umum. Hal ini terjadi karena nilai-nilai, keyakinan, norma, dan pola pikir yang telah ditanamkan kepada para peserta didik yang membentuk kepribadiannya sehingga memengaruhi tingkah lakunya di masyarakat.
Melalui pendidikan, para peserta didik juga akan mendapatkan kemampuan berpikir, secara kritis, mandiri, dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan. Dengan begitu, maka diharapkan para peserta didik dapat berperan menjadi agen perubahan di masyarakat.

B.Peran Lembaga Pendidikan

  1.Lembaga Pendidikan Keluarga

Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama, karena dari keluarga anak pertama-tama mendapat didikan dan bimbingan dan sebagian besar kehidupan anak adalah di dalam keluarga.
Tugas utama dari keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup. Sifat dan tabiat anak sebagian besar diambil dari kedua orang tuanya dan dari anggota keluarga yang lain.
Dengan demikian pendidikan keluarga memiliki peranan yang sangat penting terhadap pendidikan anak, antara lain:
a.Pengalaman Pertama Masa Kanak-kanak
Lembaga pendidikan keluarga memberikan pengalaman pertama yang merupakan faktor penting dalam perkembangan pribadi anak, sebab dari sinilah keseimbangan jiwa di dalam perkembangan individu selanjutnya ditentukan.
b.Menjamin Kehidupan Emosional Anak
Kehidupan emosional merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam membentuk pribadi seseorang, karena adanya kelainan-kelainan dalam perkembangan pendidikan individu oleh kurang berkembangnya kehidupan emosional secara wajar.
c.Menanamkan Dasar Pendidikan Moral
Dalam sebuah keluarga perilaku orang tua menjadi teladan oleh seorang anak dan anak suka meniru perbuatan orang tuanya. “Rasa cinta, rasa bersatu dan lain-lain perasaan dan keadaan jiwa yang pada umumnya sangat berfaedah untuk berlangsungnya pendidikan, teristimewa pendidikan budi pekerti, terdapatlah di dalam hidup keluarga dalam sifat yang kuat dan murni, sehingga tak dapat pusat-pusat pendidikan lainnya menyamainya”.
d.Memberikan Dasar Pendidikan Sosial
Yaitu dengan menumbuhkan benih-benih kesadaran sosial lewat tolong-menolong dalam kehidupan keluarga, gotong royong, menjaga ketertiban, kedamaian dan lain-lain.
e.Peletakan Dasar-dasar Keagamaan
Mengenalkan ilmu-ilmu agama, mengajari mengaji al-quran dan lain-lain. Hal ini sangat memupuk keagamaan anak.
Dengan demikian peranan lembaga pendidikan keluarga merupakan pendidikan dasar untuk membentuk pribadi anak.

  2.Lembaga Pendidikan Sekolah

Pendidikan sekolah pada dasarnya merupakan lanjutan dari pendidikan keluarga hanya saja pendidikan di sekolah diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas dan ketat. Peranan sekolah yaitu:
a.Anak didik belajar bergaul sesama anak didik, antara guru dengan anak didik, dan antara anak didik dengan orang yang bukan guru.
b.Anak didik belajar menaati peraturan-peraturan sekolah.
c.Mempersiapkan anak didik untuk menjadi anggota masyarakat yang berguna bagi agama, bangsa dan negara.
Dapat dikatakan pendidikan sekolah merupakan pembentukan kecerdasan, minat serta bakat pada anak untuk dikembangkan.

3.Lembaga Pendidikan Masyarakat

Masyarakat merupakan lembaga ketiga setelah keluarga dan sekolah. Pendidikan dalam masyarakat dampaknya lebih luas. Corak dan ragam pendidikan yang dialami seseorang dalam masyarakat banyak sekali, meliputi segala bidang, baik pembentukan kebiasaan-kebiasaan, pembentukan pengertian-pengertian (pengetahuan) sikap dan minat, maupun pembentukan kesusialaan dan keagamaan.
Jadi dapat dikatakan bahwa pendidikan masyarakat merupakan aplikasi dari pendidikan keluarga dan sekolah. Dalam pendidikan masyarakat ini lebih kepada pendidikan penyesuaian terhadap masyarakat.
Ketiga lembaga pendidikan tersebut melakukan kerjasama diantara mereka baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan saling menopang kegiatan yang sama secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Dengan kata lain, perbuatan mendidik yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak juga dilakukan oleh sekolah dengan memperkuatnya serta dikontrol oleh masyarakat sebagai lingkungan bagi lingkungan sosial anak.

BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
  1.Fungsi lembaga pendidikan, yaitu: fungsi sosialisasi; fungsi pengendalian sosial; melestarikan budaya; seleksi, pelatihan, dan pengembangan manusia; perubahan sosial.
  2.Peran lembaga pendidikan, yaitu:
a.Lembaga pendidikan keluarga: tugas utama dari keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup.
b.Lembaga pendidikan sekolah: pendidikan sekolah pada dasarnya merupakan lanjutan dari pendidikan keluarga hanya saja pendidikan di sekolah diperoleh secara teratur, sistematis, bertingkat, dan dengan mengikuti syarat-syarat yang jelas dan ketat.
c.Lembaga pendidikan masyarakat: pendidikan masyarakat merupakan aplikasi dari pendidikan keluarga dan sekolah.
B.Saran
Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan itu hanya milik Allah. Berkenaan dengan hal ini, kami dari penyusun sangat membutuhkan kritik dan saran yang dapat membangun dalam pembuatan makalah ke depannya, dan tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada Dosen yang telah membimbing kami sehingga makalah ini dapat kami selesaikan dengan tepat pada waktunya. Dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Wal lahu mustaan wa ilaihi tiklan Assalamu Alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatu.

DAFTAR PUSTAKA
Indar, Djumberansyah. Filsafat Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama, 1994.
Brameld, Theodore. Education as Power. Boston (USA): Boston University, 1965.
W. Richey, Robert. Planning for Teaching and Introduction. New York: Mc. Graw-Hill Book Coy, 1968.
Indrakusuma, Amir Daien. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1973.


Belum ada Komentar untuk "Makalah; Fungsi Dan Peran Lembaga Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Adnow April 22

Adnow April 22

Iklan Bwah Artikel (Adnow)